Vandiko Gultom Pimpin Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Samosir

Bupati Samosir Vandiko T Gultom bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Kamis (17/8/2023).

topmetro.news – Bupati Vandiko T Gultom bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke-78 Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Samosir di Tanah Lapang Pangururan, Kamis (17/8/2023).

Hadir Wakil Bupati Martua Sitanggang, Ketua DPRD Sorta E Siahaan, mantan Pj Bupati Samosir Wilmar E Simanjorang, Kapolres Yogie Hardiman, Kasdim G Butarbutar, Kajari Andi Adikawira Putera, Pj Sekda Naslindo Sirait, para SAB, para asisten dan pimpinan OPD, Kakan Kemenag, pimpinan instansi vertikal, BUMN/D, jajaran TNI/Polres, dan para pelajar.

Peringatan HUT RI Tahun 2023 mengangkat tema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’. Sejalan dengan tema tersebut Pemkab Samosir menetapkan subtema: Dengan semangat Proklamasi mari kita bersatu dalam keberagaman, perkuat persaudaraan dan tingkatkan kinerja untuk mewujudkan Samosir sejahtera dan bermartabat secara ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

Dalam pidatonya, Vandiko Gultom mengatakan, semangat juang dan rela berkorban yang telah dikobarkan para pahlawan bangsa, harus selalu dikenang, dihargai, dan dihormati. Dengan cara mengisi kemerdekaan sesuai dengan profesi dan talenta masing-masing.

Lebih lanjut disampaikan, melalui subtema, menjadi momentum yang baik untuk menyatukan tekad agar bersama-sama, bahu-membahu mengisi kemerdekaan.

“Mari bersama-sama perangi hoaks, informasi sesat yang dapat memecah belah rasa persaudaraan dan persatuan kita. Mari kita perangi perilaku korupsi, kolusi dan nepotisme yang sama sekali tidak mencerminkan sikap nasionalisme,” ajak Vandiko.

Pada kesempatan itu, Bupati Samosir memberi penghargaan Satya Lencana kepada ASN dengan pengabdian 10, 20 dan 30 tahun. Menyerahkan penghargaan kepada lima anggota Polres yang berhasil mengungkap 4 kasus pembunuhan di Samosir. Menyerahkan penghargaan kepada Kejari Samosir atas dukungan peningkatan PAD dan penyelamatan aset tanah.

Selain itu, Bupati Samosir menyerahkan petikan SK P3K Tenaga Guru TA 2022 dan beasiswa SD, SMP, dan SMA. Juga penghargaan kepada desa dan kecamatan terbaik dalam pelaksanaan PBB dan penyerahan sertifikat halal kepada pengusaha/UMKM.

Keberhasilan Samosir

Bupati juga mengutarakan berbagai keberhasilan Pemkab Samosir. Yaitu, Opini WTP atas laporan keuangan tahun 2022. Kemudian Universal Health Coverage tahun 2023, instalasi farmasi kabupaten/kota dengan skor 87,50. Piagam penghargaan paramesti terkait Perbup Kawasan Tanpa Rokok. Dinas Kesehatan terakreditasi sebagai instansi penyelenggaraan uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan.

RSUD Hadrianus Sinaga sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) telah berhasil menambah fasilitas pelayanan unit hemodialisis. Pelayanan telah mencapai paripurna bintang lima berdasarkan hasil akreditasi KARS.

Juga berbagai keberhasilan bidang olahraga dan penetapan Program Pangula Nature. Lalu pada percepatan penurunan stunting, Pemkab Samosir meraih penghargaan praktik baik inovatif tingkat Sumut. Bupati Samosir juga menjadi Duta Bapak Asuh Anak Stunting Tingkat Sumut.

Bidang pariwisata, Samosir menjadi Kota Kreatif Indonesia Tahun 2022. Pemkab Samosir 10 terbaik Kharisma Even Nusantara 2023. Desa Hariara Pohan 75 besar Desa Wisata 2023. Pada era teknologi digital, Samosir mendapatkan predikat Kabupaten Inovatif dengan indeks 46,64 poin.

Dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) meraih kategori baik oleh BKPM dengan skor 63,719. Kategori A oleh Ombudsman dengan skor 90,3. Serta Kategori C oleh Kementerian PAN-RB dengan skor 75,14.

Di akhir pidatonya, Bupati Samosir mengharapkan dukungan penuh, kerja nyata dan kerja ikhlas untuk mengambil peran, baik sebagai motivator, fasilitator maupun sebagai pelaksana untuk kemajuan pembangunan.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment